GuidePedia

0


Sekolah merupakan salah satu wadah utama dalam membentuk karakteristik peserta didik. Ada berbagai macam karakter yang bisa dibentuk dalam diri seorang peserta didik, salah satunya kejujuran. Oleh karena itu, dibutuhkan beragam inovasi dalam pembentukan karakter jujur dari peserta didik. Salah satu inovasi tersebut adalah dengan membuat kantin kejujuran di sekolah.

Kantin kejujuran dibuat dalam rangka membentuk karakter peserta didik yang jujur, melaksanakan pendidikan anti korupsi sejak dini, serta membina akhlak, bukan hanya dalam diri peserta didik, tetapi seluruh warga sekolah. Kejujuran merupakan senjata utama dalam pemberantasan korupsi. Sifat jujur akan mengantarkan seseorang kepada perbuatan-perbuatan yang baik.

Kantin kejujuran adalah kantin yang menjual berbagai macam kebutuhan dari peserta didik. Misalnya makanan, minuman, dan alat-alat tulis yang dibutuhkan peserta didik di sekolah. Diharapkan dengan keberadaan kantin kejujuran, peserta didik juga dapat memenuhi segala kebutuhannya di dalam sekolah dan tidak perlu keluar dari lingkungan sekolah.

Dalam pelaksanaannya, kantin kejujuran beroperasi tidak seperti kantin pada umumnya, tetapi secara mandiri. Di kantik kejujuran, tidak ada penjaga yang akan melayani peserta didik. Jika ingin membeli barang yang diinginkan, peserta didik akan mengambil sendiri barang yang diinginkan, membayar ditempat yang telah disediakan, dan mengambil kembaliannya sendiri jika ada.




Adapun motto dari kanti kejujuran adalah 


" Tuhan Melihat, Malaikat Mencatat "


Mulai tahun pelajaran 2016/2017, jika  tidak ada hambatan, SDN 2.3 Ribang Kecamatan Muara Uya akan membuka kantin kejujuran. Harapan ke depannya adalah agar semua warga sekolah yang ada di SDN 2.3 Ribang memiliki karakter yang jujur, Karena kejujuran akan membuka segala pintu keberhasilan. Karena dengan watak yang jujur, akan tercerminkan negara yang makmur.

Post a Comment

 
Top