GuidePedia

0
Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) penggunaan dana BOS merupakan sebuah laporan yang wajib dibuat oleh seorang bendahara BOS. Dalam satu tahun anggaran, seorang bendahara harus menyusun 4 buah LPJ ini, dikarenakan alokasi dana BOS dapat di ambil setiap 3 bulan (1 Triwulan). Di setiap akhir triwulan,  barulah LPJ ini dibuat berdasarkan rincian pengeluaran dan belanja sekolah lengkap dengan seluruh bukti fisik dan bukti pemotongan pajak.

Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan oleh seorang bendahara sekolah dalam menyusun sebuah laporan pertanggung jawaban dana BOS. Dalam sebuah Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Penggunaan Dana Bos harus memuat hal-hal berikut :

  1. Halaman Judul (Cover).  
  2. Rencana Penggunaan Dana (RPD)
  3. Realisasi Penggunaan Dana
  4. Buku Kas Umum
  5. Buku Pembantu Bank
  6. Buku Pembantu Kas Tunai
  7. Buku Pembantu Pajak
  8. Bukti Fisik (Tanda terima, Nota, Kwitansi, dll.)
  9. SSP (Surat Setoran Pajak) Sebagai Bukti Pembayaran Pajak.
Yang perlu diperhatikan dalam penyusunan LPJ ini adalah :
  • Tanda Terima
Tanda terima biasanya dibuat sebagai bukti terhadap pembayaran honor, insentif, upah terhadap suatu pekerjaan dan sebagainya. Dalam tanda terima, terdapat kolom bukti pemotongan pajak jika ada.


  • Kwitansi
Kwitansi dilampirkan pada setiap transaksi tunai dilengkapi tanda tangan penerima, & bendahara serta di ketahui kepala sekolah. Dalam kwitansi juga dilengkapi dengan stempel toko resmi (jika pembelian barang) dan di tempeli materai sesuai petunjuk penggunaan materai.

" Materi 3000 digunakan untuk transaksi di atas Rp. 250.000,00 dan Materai 6000 digunakan untuk transaksi di atas Rp. 1.000.000,00. "
  • Faktur / Nota
Faktur atau Nota diisi secara rinci, distempel, dibubuhi tanda tangan, diisi nama jelas dan dilampirkan setelah kwitansi.
  • SSP (Surat Setoran Pajak)
SSP adalah tanda bukti pembayaran pajak. Setelah menghitung, memotong, lalu menyetor pajak, tugas bendahara adalah melaporkan pajak (Next Post)

Baca juga : Petunjuk Perpajakan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)

Untuk contoh Laporan Pertanggung Jawaban BOS bisa di unduh DI SINI.

Demikian postingan tentang LPJ BOS, jika ada kekurangan mohon disempurnakan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

 
Top